Jumat, 19 April 2013

Macam - macam sensor

Macam-Macam Sensor

  • Sensor Infrared Sharp GP2D15

sensor infrared sharpSensor infrared GP2D15 adalah sensor pengukur jarak yang diproduksi oleh Sharp. Sensor ini mengeluarkan sinyal analog dan mampu mengukur jarak pada rentang 10 – 80 cm, sensor ini mengeluarkan sinyal biner (0 atau 1) dengan treshold 24 cm.
Prinsip kerja sensor infarred ini dalam mengukur jarak berbeda dengan sensor ultrasonik yang menggunakan waktu pantulan gelombang bunyi, karena waktu pantulan cahaya terlalu singkat untuk dapat diukur. Cahaya infrared dengan frekuensi 40 kHz dipancarkan dan hasil pantulanyya diterima oleh susunan detektor infrared. Sudut pantulan sinar infrared akan berubah sesuai jarak sensor dengan obyek.


  • Sensor Sentuh

Sensor sentuh atau tekan memiliki prinsip kerja mengubah tegangan mekanis menjadi sinyal listrik. Kurang ketegangan didasarkan pada prinsip bahwa tahanan pengantar berubah dengan panjang dan luas penampang. Daya yang diberikan pada kawat menyebabkan kawat bengkok sehingga menyebabkan ukuran kawat berubah dan mengubah tahanannya.
sensor


  • Sensor Cahaya

Sensor cahaya merupakan jenis tranduser yang bekerja terhadap suatu cahaya, bisa dengan sinar surya (matahari) atau buatan manusia seperti lampu, laser dan lain-lain perangkat yang dapat mengeluarkan cahaya.

  1. Fotovoltaic atau Sel solar adalah sensor sinar yang mengubah energi sinar langsung atau matahari menjadi energi listrik. Sel solar silikon yang modern pada dasarnya adalah sambungan PN dengan lapisan P yang transparan. Jika ada cahaya pada lapisan transparan P akan menyebabkan gerakan elektron antara bagian P dan N yang akan menghasilkan tegangan DC sekitar 0,5 volt per sel pada sinar matahari penuh.
    solar cell
  2. Fotokonduktif, sperti LDR adalah sensor sinar yang mengubah nilai resistansi. Energi yang jatuh pada selfotokonduktif akan menyebabkan perubahan tahanan sel, apabila permukaan sensor LDR ini gelap maka tahanan alat akan menjadi tinggi.Besar nilai hambatan pada sensor cahaya LDR tergantung pada besar kecilnya cahaya yang diterima. LDR terbuat dari bahan cadmium sulfida yaitu merupakan bahan semikonduktor yang resistansnya berupah-ubah menurut banyaknya cahaya (sinar) yang mengenainya. Resistansi LDR pada tempat yang gelap biasanya mencapai sekitar 10 MΩ, dan ditempat terang LDR mempunyai resistansi yang turun menjadi sekitar 150 Ω.
    sensor fotokonduktif
  3. Sensor infrared menggunakan foto dioda dan led infra merah yang dihubungkan secara optik. Foto dioda akan aktif apabila terkena cahaya dari led infra merah. Antara Led dan Foto dioda dipisahkan oleh jarak. Jauh dan dekatnya jarak antara foto dioda dan led infra merah memengaruhi besar intensitas cahaya yang diterima oleh foto dioda, apabila antara led dan foto dioda tidak terhalang oleh benda, maka foto dioda dalam kedaan aktif.
    sensor infrared dioda


  • Sensor Suara

Sensor suara merupakan komponen tranduser yang bekerja dengan suara, seperti mikrofon. Mikrofon atau komponen audio yang digunakan untuk merekam sinyal audio atau apapun yang menjadi sumber suara. Komponen dasar dari semua mikrofon adalah sama, yaitu sebuah sensor yang mendeteksi getaran dari molekul-molekul udara dan mengubah getaran tersebut menjadi energi listrik.

  • Sensor Temperatur LM35DZ

Sensor temperatur atau biasa disebut sensor suhu dikemas dalam betuk integrated circuit (IC LM35) bekerja dengan mengubah besaran suhu menjadi besaran tegangan. Sensor suhu ini mempunyai pemanasan diri sendiri kurang dari 0,1°C, dapat dioperasikan dengan sumber tegangan tunggal dan dapat dihubungkan antar muka rangkaian kontrol sederhana. Tegangan ideal yang keluar dari IC LM35 mempunyai perbandingan 100°C setara dengan 1 V, dimana keluaran tegangan output linier terhadap perubahan suhu. Sensor ini berfungsi sebagai pengubah dari besaran fisis suhu ke besaran tegangan yang memiliki koefisien 10 mV/°C yang berarti bahwa kenaikan suhu 1°C maka akan terjadi kenaikan tegangan sebesar 10 mV. Sensor LM35 mampu mengukur suhu hingga 100°C, dan dapat disuplay dengan tegangan mulai dari 4v-30v dengan arus pengurasan sebesar 60μA.
sensor suhu

Perinsip kerja sensor suhu LM35
Secara prinsip sensor akan penginderaan pada saat perubahan suhu dimana setiap 1°C akan menunjukan tegangan sebesar 10 mV. Dalam penggunaannya sensor ini dapat ditempelkan dengan perekat atau disemen pada permukaan akan tetapi suhunya akan berkurang sekitar 0.01°C karena terserap suhu permukaan. Dengan cara seperti ini diharapkan selisih antara suhu udara dan suhu permukaan dapat dideteksi oleh sensor LM35 sama dengan suhu disekitarnya, jika suhu udara disekitarnya jauh lebih tinggi atau lebih rendahdari suhu permukaan, maka LM35 berada pada suhu permukaan dan suhu udara disekitarnya. Suhu lingkungan dideteksi dengan bagian IC yang peka terhadap suhu, setelah itu suhu lingkungan diubah menjadi tegangan listrik oleh rangkaian didalam IC, dimana perubahan suhu berbanding lurus dengan perubahan tegangan output

download paper dalam bentuk pdf'y klik disini
download paper macam2 sensor


Terimakasih telah mengunjungi blog saya, jangan lupa datang lagi yah !!!!!!!!!!!